Rabu, 07 Juni 2017

Komnas HAM: Kalau Pancasila Jadi Pilar, Dasarnya Apa?

JANGKARKEADILAN.COM, JAKARTA – Sejak Presiden kedua Soeharto hingga Presiden Joko Widodo belum pernah ada yang menjalankan pemikiran dan melestarikan ajaran pendiri bangsa, Soekarno. Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai bahkan menilai pemerintahan saat ini lebih parah, karena menempatkan Pancasila sebagai pilar bangsa. Padahal Soekarno telah menegaskan bahwa Pancasila adalah dasar negara.

"Kalau Pancasila dijadikan pilar, maka dasarnya mana? Pondasinya apa? Pancasila adalah dasar negara, ada pilar ekonomi, budaya, dan sosial itu baru benar," ujar Pigai saat memperingati hari kelahiran Soekarno di Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Untuk itu, Pigai berharap di hari lahir Presiden Soekarno, pemerintah harus mengevaluasi kesalahan menyangkut pemikiran Pancsila Bung Karno tersebut. "Jangan hanya karena kekhawatiran mempersatukan komunitas bangsa, lalu memutuskan empat pilar itu bukan ramuan yang tepat. Ramuan yang tepat adalah membangun bangsa sejati, tumbuh antara perkataan dan perbuatan," jelasnya.

"Contoh sembilan nawacita harus bisa dipertangungjawabkan, kalau tidak dipertangungjawabkan, maka itu penghianatan terhadap kita, juga penghianatan terhadap para founding father," pungkas pria asal Papua itu.

____________
Sumber: www.rmol.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar