Senin, 27 Februari 2017

Ini Manfaatnya bagi Ibu Hamil, Konsumsi Minyak Ikan

JANGKARKEADILAN.COM, JAKARTA – SAAT hamil, seorang wanita disarankan mengonsumsi minyak ikan karena manfaatnya sangat besar. Apa sajakah?

Ibu yang sedang hamil harus menjaga dan memilih makanannya, agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat, serta dapat berkembang dengan baik. Minyak ikan bisa dijadikan salah satu suplemen yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin, bahkan berpengaruh terhadap kesehatan anak setelah ia lahir.

Salah satu manfaat minyak ikan yang baru-baru ini terbukti adalah dapat menurunkan risiko asma pada anak yang baru lahir.

Manfaat minyak ikan untuk mencegah bayi terkena gangguan pernapasan
Banyak sekali manfaat minyak ikan untuk kesehatan, salah satu manfaat yang baru saja ditemukan adalah mencegah asma pada anak apabila ibu mengonsumsinya sejak di masa kehamilan. Temuan ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Copenhagen Prospective Studis on Asthma in Childhood (COPSAC) dan University Waterloo.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 736 ibu yang sedang hamil di antara minggu 22 hingga 26. Dari total ibu hamil yang mengikuti penelitian ini, kemudian dipilih sebagian ibu hamil yang diminta untuk mengonsumsi suplemen yang diberikan oleh peneliti, sementara kelompok ibu yang lain tidak. Suplemen yang diberikan pada kelompok ibu hamil mengandung asam lemak tidak jenuh ganda omega-3 (LCPUFA) yang terdiri dari asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Jenis asam-asam lemak tersebut banyak ditemukan dalam minyak ikan.

Selanjutnya, kelompok ibu tersebut diminta untuk mengonsumsi suplemen asam lemak selama kehamilan hingga satu minggu setelah proses kelahiran. Selain itu, peneliti juga melakukan pemeriksaan berkala terhadap kadar asam lemak omega-3 dalam darah ibu selama masa kehamilan.

Lalu sejak kelahiran, para peneliti mengikuti perkembangan anak yang baru lahir tersebut hingga mereka mencapai usia lima tahun. Selama waktu lima tahun tersebut, peneliti melihat dan memperhatikan apakah anak mengalami gejala asma, gangguan pernapasan, serta infeksi saluran pernapasan.

Di akhir penelitian, hasil yang ditemukan yaitu kelompok ibu hamil yang rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan tersebut selama trimester ketiga, menurunkan peluang gangguan dan infeksi saluran pernapasan pada anak mereka sebanyak 31%. Sedangkan suplementasi minyak ikan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut, juga mampu menurunkan risiko asma pada anak hingga mencapai 54%.

Manfaat minyak ikan untuk kekebalan tubuh bayi
Manfaat minyak ikan dalam penelitian ini telah terbukti menurunkan risiko asma pada bayi yang baru lahir, namun bagaimana caranya? Ada beberapa dugaan yang dapat menjawab hubungan antara minyak ikan dengan penurunan risiko asma pada bayi yang baru lahir. Seperti yang kita tahu, manfaat minyak ikan sangat banyak bagi kesehatan, beberapa di antaranya adalah mencegah peradangan dan infeksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sebenarnya, kandungan yang dimiliki minyak ikan, seperti asam lemak omega-3, DHA, dan EPA yang bereaksi di dalam tubuh. zat-zat tersebut mampu mencegah peradangan serta meningkatkan sistem imun. Ketika seorang ibu hamil mengonsumsi zat-zat tersebut, maka janin yang dikandungnya juga akan menerima zat yang sama – karena makanan janin berasal dari makanan yang ibu makan. Jumlah omega-3, DHA, dan EPA yang tinggi di dalam tubuh bayi, akan membuat tubuh terhindar dari penyakit infeksi, peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan bayi.

_____________________________
(Darius Leka, SH/ Sumber: www.okezone.com/ Foto ilustrasi: Hellosehat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar